agar-lapisan-jalan-aspal-awet
Blog

Agar Lapisan Aspal Jalan Awet

agar-lapisan-jalan-aspal-awet

Keawetan Lapisan Aspal Ditentukan Oleh Beberapa Faktor

Pada artikel yang berjudul Agar Lapisan Aspal Jalan Awet ini kami ingin berbagi sedikit tips bagaimana agar jalan aspal awet lebih lama karena jalan aspal merupakan jalan yang sampai sekarang paling banyak digunakan baik di komplek perumahan, jalan dalam gang, jalan antar provinsi, jalan antar kota. Keawetan jalan beraspal tidak luput dari tiga hal, yaitu : perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan jalan itu sendiri.

Pada proses perencanaan kita sudah harus merencanakan dan memperhitungkan jalan itu nantinya untuk beban jalan kelas berapa, karena berkaitan dengan system pengerjaan dan pemilihan materialnya. Sebagai contoh bila jalan itu nantinya digunakan untuk lalu lintas truk berat seperti truk tronton tentunya pemilihan material dan system pengerjaannya akan berbeda jika jalan tersebut hanya dilalui oleh kendaraan kecil seperti sedan dan jeep. Akan berbeda juga pengerjaan dan pemilihan materialnya jika jalan tersebut hanya dilalui oleh kendaraan roda dua dan lalu lintas orang.

Pada proses pekerjaan pengaspalan perlu kita perhatikan juga pengaturan sudut kemiringan jalannya agar air hujan bisa segera terbuang ke sisi jalan sehingga menghindari genangan yang terjadi pada permukaan aspal. Genangan air merupakan musuh utama jalan beraspal karena bisa menyebabkan kerusakan pada aspal. Mungkin saja awalnya hanya lubang kecil namun lama kelamaan lubang tersebut akan membesar jika tidak diantisipasi sejak dini.

Perlu Adanya Sistem Drainase yang Baik

Pada proses pemeliharaannya agar jalan aspal baik itu jalan perumahan, jalan antar kampung maupun jalan gang bisa bertahan lama maka bisa memperhatikan hal hal seperti dibawah ini :

  • Memastikan agar kendaraan yang melewati jalan itu tidak melebihi beban jalan yang bisa ditanggung struktur jalan tersebut, pada jalan perumahan, jalan dalam gang bisa menggunakan portal atau gapura yang berfungsi untuk mengendalikan dan mem”filter” jenis kendaraan yang boleh melewati jalan tersebut.
  • Membuat drainase yang baik pada sisi kanan maupun kiri jalan tersebut, bisa menggunakan u ditch, buis beton maupun box culvert, sesuaikan kondisi dan besaran budget yang dimiliki untuk membuat system drainase ini. Informasi daftar harga u ditch precast sengaja kami tampilkan disini untuk menyesuaikan kondisi dan besaran budget yang dimiliki selain itu karena info harga tersebut banyak dicari oleh banyak pengembang maupun kontraktor pekerjaan sipil.
  • Segera lakukan perbaikan pada lapisan jalan yang rusak agar kerusakannya tidak melebar dan menjadi parah menggunakan material aspal itu sendiri. Penggunaan pemborong pekerjaan aspal hotmix jalan sangat disarankan karena mereka yang lebih ahli dibidang itu, selain itu biasanya mereka menawarkan beberapa paket jasa pengaspalan hotmix agar pekerjaan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah tadi sedikit tips dari kami bagaimana Agar Lapisan Aspal Jalan Awet lebih lama, jika ada beberapa area jalan beraspal di wilayah Anda sudah terlihat berlubang kecil yang bisa dilakukan adalah menghindari air jangan sampai menggenang di wilayah tersebut karena cepat atau lambat lubang tersebut akan membesar karena aspal tidak tahan terhadap air.