Cara Mancing Ikan Gabus Rawa
Budidaya

Cara Mancing Ikan Gabus Rawa

Ada beberapa persiapan saat mancing ikan gabus rawa, supaya mendapatkan hasil pancingan yang tidak mengecewakan.

Ikan gabus adalah salah satu ikan predator yang sangat sulit untuk ditaklukan oleh para pemancing.

Karena ikan gabus memiliki perlawanan yang cukup kuat ketika sudah terkena mata kail, dan jika tidak siap maka ikan ini bisa lolos dengan mudah.

Selain itu pemilihan umpan dan Teknik menarik ikan saat terkena kail juga perlu diperhatikan agar Ikan tidak lepas begitu saja.

Nah agar tidak terlalu lama di bawah ini kita telah merangkum berbagai persiapan yang perlu anda perhatikan sebelum memancing ikan gabus.

Cara Mancing Ikan Gabus Rawa

Berikut ini persiapan jika akan memancing ikan gabus :

  1. Waktu terbaik untuk memancing ikan gabus adalah saat pagi dan sore hari, karena saat pagi hari ikan belum bersembunyi dari sinar matahari, dan saat sore ikan gabus sudah mulai muncul dari persembunyia nya.
  2. Persiapkan umpan terbaik di daerah pemancingan, karena biasanya ikan gabus menyukai pakan yang berbeda – beda disetiap wilayah yang berbeda.
  3. Saat memancing ikan gabus usahakan jangan membuat kegaduhan agar ikan tak terkejut dan kabur, karena ikan gabus peka terhadap suara yang di anggap nya asing.
  4. Gunakan senar yang kuat untuk memancing karena gigi ikan gabus termasuk tajam, ini mengantisiapasi agar ikan tidak mampu memutus senar pancing saat terkena mata kail.
  5. Joran jenis fast tapper sangat mendukung untuk menopang perlawanan dari ikan gabus, karena jika menggunakan joran biasa resikonya dapat merusak joran apabila perlawanan ikan gabus sangat kuat.
  6. Gunakan mata kail ukuran sedang dan kecil, untuk mengantisipasi jika ikan besar tidak di dapatkan, maka ganti dengan menggunakan mata kail yang lebih kecil agar ikan buruan tetap didapatkan.

Itulah beberapa tips jika anda ingin memancing ikan gabus.

Selain itu umpan ikan gabus juga perlu anda perhatikan karena umpan memang sangat berpengaruh jika ingin mendapatkan ikan atau tidak.

Berikut ini beberapa macam umpan yang biasanya di gunakan supaya hasil memancing mambuahkan hasil yang bagus. Di antara nya :

  • Cacing Tanah
  • Belalang
  • Ulat Daun Pisang
  • Jangkrik
  • Ikan Kecil
  • Katak Kecil

Umpan – umpan tersebut bisa anda persiapkan sebelum memancing.

Jika mendapatkan ikan gabus bisa anda konsumsi sendiri atau bisa anda jual, karena ikan ini termasuk banyak yang peminat nya dan bagi sebagian orang ikan gabus ini di jadikan sebagai obat.

Selain itu anda juga bias memelihara ikan gabus sendiri, karena nilai jual nya juga cukup tinggi.

Peminat di pasaran juga sangat rendah, anda juga bisa dengan mudah menjual ikan gabus di perkotaan karena ikan ini menjadi favorit banyak orang.

Sekian pembahasan kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua, Terima kasih.

Sumber : https://www.kandangkebun.com/