perilaku anak
Kesehatan

Daftar Perilaku Aneh Anak padahal Itu Normal Usia 4-13 Tahun

Tidak sekedar mencukupi keperluan gizi si kecil, ayah dan ibu terhitung wajib mengkaji tingkah laku si kecil. Pasalnya, tingkah laku tak normal yang dijelaskan si kecil dapat jadi tanda betul-betul terdapatnya keadaan sulit perilaku. Agar dapat dideteksi lebih permulaan, amati review berkenaan sikap si kecil yang normal dan tak yang pantas umur tersebut ini.

Sikap normal si kecil pantas dengan usianya

Normalnya tingkah laku si kecil, menggambarkan bahwa dia sehat secara mental. Mari menyaksikan lebih terang sikap normal yang lazimnya dijelaskan buah hati Anda pantas dengan usianya di bawah ini.

1. Perilaku normal si kecil umur 4 sampai 5 tahun

Pada umur ini, si kecil-si kecil telah mulai menonjolkan kemandirian. Dia kemungkinan akan lebih acap kali menyatakan “tak”, “jangan”, atau “biar saya saja” saat hadapi suatu hal.

Kata-kata hal yang demikian diungkapkan si kecil untuk meyakinkan orang lain bahwa dia dapat melaksanakan suatu tugas simpel sendiri tanpa perlindungan orang lain.

Namun ini kemungkinan akan membuatnya nampak sedikit keras kepala. Karenanya, dikala si kecil tak cakap memecahkan tugas hal yang demikian sendiri, dia akan minta perlindungan Anda. Namun itu, biarkan langkah ini jadi arena untuknya memaksimalkan sikap kemandirian dan rasa percaya diri.

Pada umur ini, akan akan konsisten menonjolkan kemarahan. Karenanya, memasuki prasekolah umumnya kontrol emosional si kecil jadi lebih bagus. Dibanding menonjolkan sikap agresif, si kecil kemungkinan lebih banyak mengungkap kemarahannya melewati kata-kata.

Untuk si kecil umur ini, teknik mendisiplinkan si kecil yang paling baik merupakan sistem time out. Memasuki ini memungkinkan si kecil mempunyai selagi menyendiri untuk menenangkan diri dan melepas kemarahannya.

Beberapa kejadian yang tidak menentuk terkadang terjadi saat imunisasi, oleh karena itu pastikan kamu waspada pada fase usia segini. Jangan terlalu khawatir tetapi juga jangan terlalu lepas.

2. Perilaku normal si kecil umur 6 sampai 9 tahun

Misalnya umur sekolah, si kecil mempunyai tanggung jawab yang lebih banyak dari sebelumnya. Sesekali, belajar, membersihkan kamar, atau merawat kebersihan dirinya sendiri.

Namun si kecil kemungkinan akan mulai malas dan melanggar peraturan. Karenanya, dengan terdapatnya pemakaian sanksi, si kecil pasti akan meniru peraturan yang Anda buat.

Bila akan mulai menonjolkan kecakapan untuk menyelesaikan keadaan sulit sendiri dan mencoba beragam perihal baru. Sekiranya dia mengalami kegagalan, mereka memerlukan selagi lebih lama untuk bangkit lagi dan merapikan emosinya. Pada dikala ini, absensi Anda amat diperlukan untuk memberinya dukungan.

Teknik mendisiplinkan si kecil yang layak untuk umur ini merupakan menggunakan metode hadiah (reward) dan sanksi (punishment).

Sekiranya dia melaksanakan suatu hal yang bagus dan membanggakan, memperlihatkan apresiasi Anda untuk menghargainya. Karenanya, terapkanlah sanksi jika dia melaksanakan sebuah kekeliruan.

3. Perilaku normal si kecil umur 10 sampai 12 tahun

Tanggung jawab yang kian besar dan pola pikir yang lebih dewasa, membikin si kecil jadi lebih piawai mempersembahkan pendapatnya.

Anda kemungkinan mendapati si kecil yang menuju remaja ini bersikap menyangkal saat mulai suatu hal tak pantas dengan pemikirannya.

Sayangnya, rasa penasaran si kecil pada umur ini jadi lebih besar. Agar kali mereka melaksanakan suatu hal tanpa berdaya upaya dua kali dengan kata lain tak memikirkan konsekuensinya.

Memasuki si kecil tak keliru mengambil alih keputusan, pendekatan pada ayah dan ibu dan si kecil amat dibutuhkan. Cobalah untuk membuka obrolan berkenaan bagaimana perasaannya dan apa saja keadaan sulit yang dia hadapi di sekolah ataupun lingkungan.

4. Perilaku normal si kecil umur 13 tahun

Misalnya fase jadi remaja, si kecil acap kali kali gampang terbawa pergaulan dan acap kali kali membikin keputusan yang tak sehat. Anda kemungkinan mengkaji pergantian sistem dia berpakaian, berdialog, atau merias diri. Ini wajar, sebab si kecil tengah membangun identitas diri.

Pada umur ini, si kecil kemungkinan akan melaksanakan pemberontakan untuk menonjolkan bahwa mereka mempunyai kendali atas kehidupan mereka sendiri. Membuka diskusi untuk menyelesaikan keadaan sulit yaitu sistem tepat sasaran untuk memecahkan tingkah laku jelek si kecil pada umur ini. Anda wajib menentukan bila si kecil mengambil alih keputusan yang benar, mengerti dengan tanggung jawab dan konsekuensinya.

Pada tahap akhir, kamu bisa menggunakan layanan panggil perawat bayi ke rumah jika sangat membutuhkan. Menggunakan perawat bayi terlatih akan sangat membantumu menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.