Genset

Genset Gedung Kebutuhan Primer yang Harus Dimiliki

Apa jenis bangunan yang paling diuntungkan ketika memiliki genset cadangan? Semua bangunan bisa mendapatkan keuntungan ketika memiliki daya yang tidak terganggu saat terjadi badai atau bencana alam atau pemadaman, terutama di daerah rawan banjir atau daerah rawan lainnya. Genset gedung juga dibutuhkan untuk setiap jenis gedung dimanapun lokasinya karena pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Sehingga, Anda pun juga membutuhkan genset untuk gedung Anda.

Genset Gedung Dibutuhkan Untuk Setiap Jenis Gedung

Gedung yang bersifat pribadi maupun komersil seperti restaurant, hotel, rumah sakit, sekolah, perusahaan, gudang logistik dan lain sebagainya tentu membutuhkan daya atau energi listrik yang cukup besar. Apalagi jika terdapat banyak peralatan dan perlengkapan elektronik atau yang hanya bisa bekerja dengan bantuan energi listrik, tentunya kebutuhan listrik bisa sangat besar sekali. Akibatnya, Anda tidak bisa mengontrol tagihan listrik. Jika gedung komersil, maka Anda harus menghitung untung ruginya.

Itulah sebabnya, genset gedung hadir untuk memberikan solusi hemat energi dan hemat biaya tagihan listrik tiap bulannya baik untuk gedung pribadi atau komersil. Bahkan, setiap jenis gedung, lebih baik menggunakan energi listrik dari genset. Sehingga, genset bisa dijadikan sumber daya utama atau cadangan atau juga sebagai sumber daya pendukung untuk mengurangi pasokan daya dari PLN. Manfaatnya sangat banyak sekali.

Tidak perlu membeli yang terlalu mahal, sebab sekarang sudah ada beberapa merk mesin generator set yang harganya terjangkau, contohnya harga genset cummins untuk tipe silent maupun open lebih murah serta memiliki kualitas yang memenuhi standart international. Generator set merk Cummins tersedia kapasitas 25 hingga 1500 kVA dan bisa didapatkan melalui toko resmi yang menjual generator set di Indonesia.

Yang menjadi kendala adalah, bagaimana Anda tahu ukuran atau jenis genset yang terbaik untuk gedung Anda? Semuanya tergantung pada peralatan yang perlu dihubungkan ke sistem darurat. Minimal, Anda mungkin memerlukan genset 100 kilowatt untuk menjalankan lift, penerangan darurat, sistem keselamatan kebakaran dan peralatan serta perlengkapan lainnya yang ada di dalam gedung.

Kebutuhan akan bangunan komersial bisa sangat bervariasi. Ada baiknya Anda bertanya kepada ahlinya untuk menghitung seberapa besar kebutuhan listrik yang gedung Anda butuhkan. Setelah itu, Anda akan mengetahui jenis dan ukuran genset gedung termasuk merek yang terbaik yang dapat dipercaya dan terbukti kualitasnya. Anda juga perlu mempertimbangkan perawatan serta biayanya karena genset dengan daya yang besar membutuhkan perawatan secara berkala.

Jika anda tidak ingin dipusingkan dengan masalah perawatan yang terlalu sering, tidak ada salahnya membeli mesin generator set dengan kualitas yang maksimal, namun tentu saja untuk mendapatkan generator set dengan kualitas maksimal anda perlu membayar sedikit lebih mahal. Apabila andaa termasuk orang yang mementingkan kualitas, saya rasa dengan harga yang sedikit mahal bukan masalah besar bagi anda.