desain baju
Blog,  Fashion

Ingin Baju Anda Terlihat Keren? Berikut Tips Rahasia Desain Baju Keren ala Distro!

Dunia fashion memang tidak adanya matinya, hal ini terbukti dari banyaknya pemakai baju dengan beragam brand yang dipakai. Biasanya brand-brand tersebut hanya berada di kota-kota besar, namun seiring dengan perkembangan fashion yang semakin meluas banyak designer baju di daerah mencoba peruntungannya dalam menciptakan brandnya sendiri. Banyaknya persaingan di dunia fashion khususnya pada pembuatan desain baju mengharuskan Anda agar siap bersaing dengan brand-brand lokal lainnya di kota Anda. Tentu saja hal ini bukan suatu perkara yang mudah untuk dijalani, semua butuh proses yang harus Anda nikmati step by step. Terutama untuk Anda yang baru mengawali karir masuk ke dunia desain baju. Mungkin Anda akan bertanya bagaimana cara membuat desain baju keren ala distro?

Nah, berikut tips rahasia desain baju yang harus Anda perhatikan agar baju yang Anda design terlihat keren ala distro.

Brainstorming

Brainstorming bisa disebut sebagai proses mencari inspirasi untuk menciptakan suatu gagasan yang baru dan fresh. Brainstorming dapat Anda lakukan dengan dua cara yaitu brainstorming dengan orang lain dan brainstorming dengan diri Anda sendiri. Jika Anda memiliki banyak waktu untuk bersosialisasi dapat memilih cara yang pertama, namun apabila Anda memiliki waktu luang yang singkat dapat brainstorming dengan sendiri. Salah satunya bisa melihat-lihat brand terkenal yang Anda sukai, membaca buku atau melakukan yang Anda suka.

Buat design berkarakter

Dalam sebuah karya terutama design, Anda harus membuat design yang Anda buat memiliki karakter sendiri yang dapat membedakan dari design baju yang lainnya. Hal ini dapat menjadi sebuah keunikan tersendiri dan membuat design baju Anda mudah dikenal oleh pasar.

Jangan lelah revisi design

Jika Anda sudah selesai dalam membuat design baju, jangan langsung Anda sablon. Sebaiknya Anda revisi dengan mencoba menambahkan detail, element, variasi, konsep atau apapun itu yang dapat mengembangkan design Anda. Karena membuat suatu design yang langkap jauh lebih sulit dan lebih menarik jika dibandingkan dengan design yang rumit namun tidak memiliki filosofi apapun.

Jangan menyimpang dari permintaan pasar

Jika Anda berlaku sebagai produsen, hal yang perlu Anda ingat adalah perhatikan apa yang menjadi permintaan pasar. Biasanya banyaknya permintaan pasar tersebut membuat design baju tertentu menjadi populer dan banyak diburu konsumen. Namun apabila Anda membuat design baju yang tidak sesuai dengan permintaan pasar, maka bersiaplah dengan resiko menurunnya pundi-pundi Anda.

Ikuti, tiru, modifikasi

Cara paling mudah dan ampuh dalam membuat design baju adalah ikuti, tiru dan modifikasi. Dengan begitu Anda hanya perlu membuat design baju dan model yang sama lalu modifikasi dengan menambahkan sesuatu yang unik dan berbeda sehingga menghasilkan suatu produk yang memiliki daya jual yang lebih tinggi.

Ikuti trend

Banyaknya trend fashion yang berkembang di Indonesia dapat menjadi peluang besar bagi bisnis Anda. Dengan mengikuti trend yang sedang berkembang tersebut Anda dapat membuat design baju yang sesuai dengan trend yang sedang berkembang. Salah satunya yaitu design baju dengan metode typography. Typography merupakan seni tata huruf yang merupakan suatu tehnik manipulasi huruf dengan mengatur penyebarannya pada suatu bidang. Design dengan cara ini menjadi salah satu metode yang banyak digandrungi anak milenial, selain simple design ini dianggap lebih elegan.

Untuk Anda yang sedang memulai mencoba memasuki dunia fashion khususnya design baju, jangan mudah menyerah. Banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis yang Anda rintis.  Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa adanya design yang berkarakter mampu membawa design Anda lebih mudah dalam dikenal oleh konsumen. Jangan takut mencoba, karena sebuah sebuah proses yang Anda lalui step by step akan membuat Anda lebih memahami dan mengerti bagaimana menciptakan sebuah design yang bagus, berkarakter, kreatif, unik dan  keren.