Kesehatan

Konsumsi Makanan supaya Darah Rendah kembali Naik

Berbagai makanan untuk darah rendah sebenarnya sangat nikmat dan mudah ditemukan. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari apa saja jenis makanan tersebut. Bagi Anda yang selama ini sering merasa lesu atau pusing, ada kemungkinan Anda mengalami hipotensi atau darah rendah. Secara teori, darah rendah adalah ketika tekanan sistolik seseorang kurang dari 90 mmHg dan tekanan diastoliknya di bawah 60 mmHg.

Untuk mengetahui angka-angka itu sendiri, memang sulit. Maka dari itu ketika Anda mulai merasakan dua gejala sering lesu dan pusing, sebaiknya Anda lakukan medical checkup. Barangkali benar adanya Anda mengalami darah rendah. Lalu bagaimana cara menanganinya? Kembali ke pembahasan di awal tadi, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk darah rendah. Apakah makanan ini hanya untuk obat? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Makanan untuk Darah Rendah yang Nikmat dan Bergizi

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan direkomendasikan sebagai salah satu jenis makanan untuk darah rendah. Sebuah penelitian di Harvard https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/beating-high-blood-pressure-with-food menyebutkan kalau kacang-kacangan dicerna secara perlahan pada sistem pencernaan. Hal itulah yang membuat jenis makanan ini bisa membuat tekanan darah menjadi naik. Jenis kacang-kacangan apa saja yang direkomendasikan untuk penderita darah rendah? Secara umum, penderita darah rendah dianjurkan mengonsumsi kacang merah, kacang polong, kacang hijau, atau buncis sehari-hari.

  1. Sayur Bayam

Jenis sayuran hijau seperti bayam juga disebut-sebut sebagai makanan untuk darah rendah yang sebaiknya sering dikonsumsi. Mengapa? Bayam mengandung banyak kalium, namun rendah sodium. Selain itu bayam juga mengandung folat, yang mana kandungan ini sangat berguna untuk membantu menaikkan tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah. Nantinya, aliran darah akan menjadi lebih lancar. Tapi biasanya penderita darah tinggi justru disarankan untuk menghindari sayur bayam.

  1. Daging dan Hati Ayam

Anda suka makan daging ayam? Tahukah Anda kalau ternyata daging ayam ini bisa mengatasi darah rendah. Penyebabnya adalah karena daging ayam mengandung protein hewani. Tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel di dalam pembuluh darah. Jika pembuluh darah lemah, maka aliran dan tekanan darah pun akan terpengaruh.

Selain itu, hati ayam juga dianjurkan sebagai makanan untuk darah rendah. Tapi yang terpenting adalah daging atau hati ayamnya asin. Bukan tanpa alasan. Kurangnya garam adalah salah satu penyebab terjadinya tekanan darah rendah. Maka dari itu mengonsumsi makanan yang asin bisa sangat berguna untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

  1. Roti dan Sereal

Kebanyakan orang mengonsumsi roti dan sereal saat sarapan pagi. Tapi hanya sedikit yang menyadari apa saja kandungan yang ada di dalam makanan dari gandum tersebut. Mengonsumsi roti dan sereal akan membantu 20 persen asupan zat besi harian untuk tubuh. Maka dari itu sebagai pengganti nasi, Anda juga bisa mengonsumsi roti dan sereal dari gandum. Zat besi inilah yang akan membantu menaikkan tekanan darah, sekaligus mengurangi risiko darah rendah jika dikonsumsi secara rutin.

Minuman yang Bisa Membantu Menaikkan Tekanan Darah

Selain makanan, ada juga jenis minuman yang bisa membantu menaikkan tekanan darah. Salah satunya adalah kopi, karena kopi punya kandungan antioksidan yang menahan efek buruk peradangan di arteri. Meminum kopi juga bisa membuat denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Ketika mengalami tekanan darah rendah, seseorang dianjurkan untuk minum 1-2 gelas kopi setiap hari, asalkan tidak berlebihan. Demikian penjelasan singkat mengenai jenis minuman dan makanan untuk darah rendah. Semoga bermanfaat.

Sumber dan refernsi artikel: Dedaunan