Kesehatan

Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan penyakit mematikan yang banyak menyerang kaum hawa. Sebaiknya, sebagai wanita kita harus paham dan sadar akan bahayanya sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan sejak awal agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Jika sudah terinfeksi, maka kita harus melakukan pengobatan yang belum tentu berhasil. Obatnya pun bervariasi dan dengan jangka waktu yang lama, sehingga akan memakan biaya yang sangat mahal. Nah, agar terhindar dari penyakit kanker serviks yang berbahaya ini kamu bisa melakukan tindakan pencegahan.

Mencegah Kanker Serviks

Beberapa hal berikut bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker serviks, diantarany adalah :

  1. Berhubungan seks dengan aman
    Salah satu penyebab kanker serviks adalah berhubungan seks yang seringkali tidak aman atau juga berganti – ganti pasangan. Nah maka dari itu untuk mengurangi resiko kanker serviks, sebaiknya melakukan hubungan seks dengan aman.Dengan melakukan hubungan seks yang aman, yaitu menggunakan kondom akan menghindarkanmu dari terinfeksi virus HPV. Virus ini merupakan penyebab utama dari penyakit kanker serviks.
  1. Melakukan screening atau pap smear
    Selain berhubungan seks dengan aman menggunakan kondom, tentunya kamu harus rutin untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, yaitu seperti screening atau pap smear. Sebagai wanita tentunya perawatan daerah kewanitaan adalah hal yang sangat penting, sehingga akan terhindar dari penyakit kanker serviks ini.Meskipun screening maupun pap smear bukan cara untuk mengobati kanker serviks, setidaknya cara ini bisa untuk mencegahnya dengan metode mendeteksi sel – sel kanker. Tindakan ini sangat di sarankan untuk wanita yang sudah menikah usia 25 -49 tahun setiap 3 tahun sekali. Sedangkan untuk usia 50 – 64 tahun bisa melakukannya setiap 5 tahun sekali. Dengan rutin memeriksakannya, kanker serviks pun bisa mudah dikenali dan terdeteksi sedini mungkin.
  1. Melakukan vaksinasi HPV
    Untuk kamu yang ingin melindungi diri dari virus HPV yang jadi penyebab utama kanker serviks, sebaiknya lakukan vaksinasi HPV secara rutin. Hal ini sangat efektif terutama untukmu yang belum menikah atau belum aktif secara seksual.Meskipun bisa melindungimu dari kanker serviks, namun bukan berarti vaksin ini bisa membuatmu terbebas dari penyakit mematikan ini. Jika sudah menikah dan aktif secara seksual, penting bagimu untuk melakukan tes pap smear untuk menghindari hal yang tak diinginkan.
  1. Membiasakan pola hidup sehat
    Hal penting dari yang terpenting adalah membiasakan pola hidup sehat, seperti memakan makanan yang bergizi dan disertai olahraga yang cukup. Dengan mengatur pola makan, istirahat yang benar serta minum air putih secara teratur akan membuatmu terhindar dari stress. Sehingga kesehatan tubuhmu tetap terjaga dan terhindar dari penyakit mematikan ini.

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker serviks. Semoga bermanfaat.

Lihat uraian lengkapnya di sini