Genset

Mengenal Generator set dan jenis-jenisnya

Mengenal Generator set dan jenis-jenisnya – Generator set atau lebih sering dikenal sebagai genset adalah peralatan elektronik atau permesinan yang mengubah  energi gerak menjadi energi listrik. Alat yang satu ini kerap dijadikan orang-orang untuk energi cadangan aliran listrik apabila pasokan utama atau sumber utamanya mengalami asalah atau tidak dapat digunakan.

Generator nampaknya telah menjadi kebutuhan wajib bagi mereka yang bekerja dengan mengandalkan energi listrik seperti Restoran, hotel, kantor, dan sebagainya. kehadiran genset akan sangat membantu pekerjaan, apalagi jika pasokan listrik dari PLN.

Mengenal Generator set dan jenis-jenisnya

Berdasarkan informasi staff distributor jual genset jakarta, genset listrik sendiri di temukan tahun 1831 oleh  Michael Faraday. Generator ini lebih dikenal dengan gnerator cakram faraday, sesuai nama penemunya terbuat dari lilitan kawat besi berbentuk “U”. Menggunakan induksi elektromagnetik, generator listrik ini bekerja dengan memutar kumparan dalam medan magnet sehingga dihasilkan energi induksi yang nantinya akan membentuk energi listrik.

Jenis-jenis genset berdasarkan ukuran energi yang di hasilkan :

  • Genset gas

Seperti akan sebnamanya genset jenis ini memiliki bahan bakar gas untuk menggerakkannya.

  • Genset diesel

Genset jenis ini sering kita temui digunakan sebagai motor penggerak oleh para petani saat mengairi sawahnya. Kapasitas atau kemampuan daya yang dihasilkan genset jenis ini yaitu antara 5 kw (5.000 w) sampai dengan 2 mw (2.000.000 watt). Sekarang banyak juga toko online maupun off line yang jual genset 5.000 watt.

  • Genset bensin

Genset jenis ketiga ini memerlukan bahan bakar bensin untuk dapat menyala. Kapasitas daya maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 10.000 watt atau 10 kw. Genset ini juga banyak digunakan masyarakat seperti saat acara pernikahan atau acara besar lainnya.

  • Genset jenis portabel

Genset portabel. Genset jenis ini mudah digunakan dan dibawa kemana-mana karena bentuknya yang cukup ringkas. Jenis ini cocok untuk digunakan dirumah.

  • Genset turbin

Genset yang satu ini memiliki kapasitas daya listrik paling besar diantara jenis genset lainnya, yaitu sekitar 2.000.000 watt. Untuk membangun turbin membutuhkan perhitungan yang sangat teliti karena harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang akan dibangun turbin.

Pada dasarnya fungsi genset adalah menunjang kebutuhan pasokan energi listrik uuntuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga aktivitas kita berjalan dengan lancar. Pemilihan genset untuk berbagai kebutuhan ini juga diperlukan agar kebutuhannya terpenuhi dengan baik dan efisien. Yang perlu dipertimbangkan antara lain :

  • Bentuk dan ukuran

Jika genset hanya akan digunakan untuk keperluan rumah tangga yang cenderung rendah dan kecil. Untuk apa membeli generator ukuran besar jika kebutuhan energinya sedikit. Pastinya kita hanya butuh genset ukuran kecil dan gunakan ukuran paling kecil untuk efisiensi ruangan juga.

  • Ukuran besaran energi yang dihasilkan generatormah

Sudah pasti ukuran genset untuk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan perusahaan berbeda. Jika untuk rumah kita cukup menggunakan generator dengan daya 5 kva. Maka akan berbeda jika dibandingkan dengan kebutuhan kantor percetakan atau perusahaan besar lainnya yang butuh daya lebih besar.