Parenting

Muncul Varises Di Paha Dan Betis

generasimaju.com – Dokter Judi yang baik, saya (34) hamil kembar usia kehamilan 21 minggu. Ini kehamilan yang kedua. Dok, berbeda dengan kehamilan pertama, kehamilan sekarang banyak sekali varises yang muncul di kaki yaitu di paha dan betis. Saya ke mana-mana jadi pakai rok panjang atau celana panjang. Kenapa varises itu bisa muncul, ya, Dok? Apakah setelah melahirkan bisa hilang? Mohon jawaban Dokter Judi. Terima kasih Vini Nugraha – via facebook (Jakarta) Pada kehamilan kembar, kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi rahim dan janin bertambah kira-kira dua kali lipat dibanding kehamilan tunggal.

Beban tersebut akan menyebabkan pembuluh darah balik melebar sehingga tampak di kaki ibu. Pada waktu periksa hamil, mohon kepada dokter Ibu agar melakukan USG Doppler untuk melihat lokasi dan besarnya varises yang terjadi, terutama varises di daerah vagina dan rahim bagian bawah. Tolong diperiksakan juga ke dokter Ibu apakah juga ada varises vagina yang luas? Bila ya, sebaiknya nanti Ibu melahirkan dengan operasi sesar karena bisa timbul perdarahan hebat bila varises di vagina robek. Kurangi mengangkat beban yang berat, jangan memakai sepatu dengan hak, cukup istirahat, perhatikan asupan makanan agar bayi cukup tumbuh kembangnya.

Setelah lahir varises tersebut akan mengecil dan kemungkinan masih tampak sebagai pembuluh darah yang berwarna kebiruan di bawah permukaan kulit. Kadang kala varises tersebut tetap membesar dan mungkin menimbulkan keluhan seperti rasa tidak nyaman di daerah panggul atau vagina pada saat haid. Bila muncul keluhan seperti itu, Ibu perlu melakukan pemeriksaan CT scan dengan kontras untuk melihat apa penyebab varises tersebut. Terima kasih atas pertanyaannya.