pengaruh game online pada pelajar
Game

Pengaruh Game Online Untuk Pelajar

Pengaruh Game Online Untuk Pelajar

Berbagai kemajuan teknologi saat ini berkembang cukup pesat, banyak hal yang bisa kita peroleh dengan mudah saat menggunakan teknologi masa kini. Dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini, memudahkan orang untuk bisa saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan teknologi komunikasi melalui berbagai sarana. Salah satu sarana komunikasi yang saat ini sedang naik daun adalah game online.

pengaruh game online pada pelajar

Perkembangan game online saat ini memiliki perkembangan yang cukup pesat. Permainan yang disajikan semakin kesini semakin menarik dan pastinya semakin menyenangkan saat dimainkan. Bukan hanya itu tampilan gambar, gaya bermain, desain grafis dari game online saat ini juga sangat menarik. Tipe permainan pada zaman ini juga memiliki beragam pilihan, seperti petualangan, perkelahian dan juga perang serta msih banyak tipe yang lainnya.

Dengan semakin berkembangnya game online saat ini, memiliki pengaruh yang sangat besar bagi orang yang memainkan game online saat ini, tidak terkecuali anak-anak ataupun pelajar. Seperti kita ketahui bersama, orangtua jaman sekarang telah memberikan kesempatan pada anak-anak untuk memiliki gadget, tanpa mereka sadari jika apa yang mereka lakukan merupakan kesalahan yang cukup besar. Dengan alasan menunjukkan kasih sayang terhadap anaknya, banyak orangtua yang salah kaprah dengan memberikan fasilitas gadget yang canggih agar dapat menikmati teknologi canggih saat ini. Tanpa mereka sadari jika gadget memiliki pengaruh negatif yang dapat mengganggu perkembangan anak.

Game online banyak diminati oleh anak-anak maupun kalangan pelajar, khususnya pelajar SMP ataupun SMA. Bukan hanya itu, kalangan mashasiswa juga ikut serta dalam jajaran pelajar yang sudah candu pada game online. Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya permainan-permainan yang di unduh pada handphone baik itu IOS atau Android.

Bagi para pelajar yang memainkan game situs poker online bisa menyebabkan ketagihan karena di usianya memang masih memiliki rasa penasaran yang tinggi, sehingga pelajar cenderung akan berusaha memainkan permainan hingga mencapai kemenangan apalagi saat kalah dari permainan.

Adapun dampak buruk game online bagi pelajar adalah sebagai berikut:

1. Saat pelajar sudah kecanduan game online, bisa dipastikan keinginan siswa untuk belajar akan menurun bahka cenderung malas belajar.
2. Pengaruh buruk selanjutnya, siswa bisa mencuri waktu agar bisa bermain game online meskipun saat pelajaran dalam sekolah sedang berlangsung.
3. Emosional siswa akan mudah terganggu karena sering memainkan game online.
4. Pengaruh negatif lainnya pelajar akan kehilangan waktu belajar karena mereka lebih terfokus pada game yang dimainkan.
5. Semakin jauh dengan keluarga, dengan seringnya memainkan game online pelajar bisa dipastikan akan jauh dari keluarga, karena dampak dari game online ini memang bisa membuat lupa segalanya.
6. Waktu makan akan berantakan dan jika berlanjut hal ini bisa mengganggu kesehatan
7. Lebih boros, karena uang jaja pelajar akan digunakan untuk membelikartu perdana ataupun kuota agar bisa memainkan game favorit.

Meskipun memiliki dampak yang buruk pada pelajar, game online juga memiliki sisi positif, yakni bisa mengalihkan pelajar dari pergaulan bebas atau lebih buruknya terjerumus pada narkoba. Bukan hanya itu, jika saat memainkan game memakai aturan bisa menghilangkan penat dan juga memberi angin segar pada otak yang seharian lelah berpikir karena pelajaran di sekolah. Akan lebih baik lagi jika dalam menggunakan dan memaikan gadget orangtua bisa selalu mengawasi serta memantau secara langsung.