Bisnis

Pentingnya Pemilihan Lokasi di Dunia Usaha

Pentingnya Pemilihan Lokasi di Dunia Usaha – Dalam usaha dunia usaha apapun,termasuk dunia asuransi pendidikan yang bagus, pemilihan lokasi merupakan hal yang sangat penting. Ketika ingin membuka usaha ritel, maka hal pertama yang harus dipikirkan adalah tentang lokasi. Lokasi menjadi penting karena usaha di bidang ritel tergantung dari konsumen atau pembeli yang datang. Dalam suatu toko yang besar, maka radius jangkauan pembeli juga akan semakin besar. Selain itu, toko yang besar akan dapat mengundang pembeli datang lebih banyak dari tempat-tempat yang jauh.

Pentingnya Pemilihan Lokasi di Dunia Usaha

Namun sebaliknya, jika toko kecil misalnya di daerah perumahan, maka radius pelanggan hanya terbatas di sekitar perumahan tersebut yaitu kurang lebih seluas radius 1 km saja.

Hal yang sering dihadapi adalah ketika ingin lokasi usaha yang ramai, biasanya harga sewanya mahal. Misalnya saja di sebuah mall atau pertokoan yang ramai. Sementara di lokasi yang sepi, harga sewa nya cenderung murah. Bahkan di lokasi yang sepi, Anda akan diberikan kemudahan-kemudahan untuk menyewa tempat tersebut. Namun Anda harus berhatihati, karena jika Anda salah pilih, maka kerugiannya adalah masalah uang dan usaha yang juga tidak ada hasilnya. Sebuah lokasi bisa pada saat ini menguntungkan, namun di masa mendatang mungkin berubah. Contohnya adalah ketika Anda memiliki toko disamping jalan yang ramai dan strategis, yang pada saat itu jalan raya tersebut dibuat dua arah.

Namun beberapa tahun berikutnya jalan tersebut diberi pembatas jalan atau dibuat menjadi satu arah. Keadaan ini cukup berbahaya dan dapat merugikan usaha Anda. Karena pelanggan dari sisi sebaliknya, akan enggan untuk menyeberang atau memutar cukup jauh untuk datang ke toko Anda. Terkadang dapat pula ditemui contoh kasus di sebuah jalan atau daerah terdapat toko yang menjual atau menawarkan jasa serupa. Misalnya deretan bengkel motor, deretan kios-kios reparasi sepatu, dan lain sebagainya. Hal negatif dari kasus ini adalah persaingan kompetitior yang ketat. Namun banyak keuntungan dari hal ini, yaitu lokasi tersebut memudahkan pelanggan untuk mencari toko-toko sejenis.

Selain itu, jika salah satu toko sangat ramai hingga kuwalahan melayani pelanggan, bukan tidak mungkin pelanggan akan datang ke toko Anda agar segera mendapat jasa atau barang yang dibutuhkannya. Keuntungan lainnya adalah menjaga stabilitas harga, yang disepakati oleh asosiasi para pemilik toko sejenis tersebut. Sehingga yang terjadi bukan perbandingan harga antara toko satu dengan yang lainnya.

Dan jika toko Anda kekurangan stock suatu barang, maka Anda dapat mengambil terlebih dahulu barang dari toko sebelah Anda dan mengatakan kepada pelanggan bahwa Anda mengambil dari gudang toko Anda. Terdapat alternatif lain dalam hal lokasi, yaitu penjualan melalui online. Tentu melalui internet, Anda tidak memerlukan lokasi untuk memasarkan produk Anda. Namun tetap jangan pernah mengabaikan mengenai lokasi, karena lokasi sangat penting dalam hal mengelola usaha ritel. Berikut ini terdapat beberapa tips cara memilih lokasi, yaitu :

Dekat dengan target market
Sesuaikan dengan target market produk Anda, bisa sesuai umur tertentu atau kalangan tertentu.

Mudah terlihat (viewable)
Lokasi yang strategis dan misalnya ditambah dengan papan nama toko yang menarik.

Traffic
Perhatikan arus orang lalu-lalang maupun kendaraan yang melintas.

Akses
Usahakan untuk berada di sebuah jalan dua arah dan tidak pembatas jalan. Selain itu, perhatikan apakah terletak pada sisi orang berangkat beraktifitas atau pulang beraktifitas.

Sharing area atau monopoli area
Lebih memilih memiliki toko yang sama atau sejenis dengan toko-toko yang lain dan berada dalam satu deretan / kompleks. Atau lebih memilih lokasi yang benar-benar belum ada pesaing.

Biaya sewa
Lebih baik memilih lokasi yang strategis walaupun harga lebih mahal. Namun jangan sampai melebihi budget dan perhitungan, karena bisa-bisa malah merugikan.

Legalitas
Tuntaskan masalah perijinan lokasi, regulasi, dan bahkan lingkungan sekitar.

Lingkungan sekitar
Usaha yang berada di kanan dan kiri toko akan berpengaruh terhadap image toko, sehingga Anda harus lebih teliti dalam memilih lokasi.