Strategi Jualan Online Lewat Sosial Media Pasti Berhasil
Bisnis

Strategi Jualan Online Lewat Sosial Media Pasti Berhasil

Strategi Jualan Online Lewat Sosial Media Pasti Berhasil –┬áDi zaman sekarang ini, generasi milenial atau anak muda lebih banyak memanfaatkan teknologi online untuk mencari tambahan penghasilan. Salah satunya melalui media sosial yang sudah menjadi ujung tombak dari generasi milenial yang dapat dijadikan sebagai ajang pemasaran bisnis. Untuk itu, diperlukan ┬ásebuah strategi jualan online melalui sosial media yang pasti berhasil dan bisa membantu anda.

Sekarang bukanlah rahasia lagi bahwa media sosial adalah sebuah ladang subur untuk memanen keuntungan. Khususnya untuk anda yang menjalankan bisnis jual online atau e-commerce. Namun tanpa adanya langkah yang tepat, dalam memasarkan produk lewat jejaring sosial dapat berujung pada bencana.

Begini Strategi Jualan Online Paling Jitu

Strategi Jualan Online Lewat Sosial Media Pasti Berhasil
Strategi Jualan Online Lewat Sosial Media Pasti Berhasil

Di bawah ini adalah beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk berjualan online. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa memanfaatkan social media yang anda miliki untuk melakukan strategi ini.

Gunakan Hashtag

Ketika memposting foto atau menawarkan diskon, sebaiknya anda memakai hashtag yang sesuai dan diselipkan satu hashtag populer. Tujuannya supaya postingan anda bisa dengan mudah terindex dan dapat mudah ditemukan.

Target Pengguna Potensial

Tidak semua individu bisa menerima penawaran produk tertentu ada beberapa orang yang hanya menunjukkan minat pada produk spesifik yang digemari. Misalnya perempuan muda yang suka dengan aksesoris perak tidak menunjukkan ketertarikan saat ditawari produk kesehatan. Untuk itu, tawarkan produk anda pada pasar yang potensial.

Tandai Pelanggan Saja, Jangan Acak

Memberikan tanda pada status atau foto di sosial media yang mendukung fitur ini sangat efektif untuk menarik perhatian orang. Namun sebaiknya, anda jangan sembarangan memilih orang karena bisa berujung pada pelaporan spam atau akibat yang paling buruk ia bisa menghapus pertemanannya.

Upload Foto Profil yang Menampilkan Produk Unggulan

Sebaiknya ganti foto profil anda secara berkala. Misalnya saat anda menggunakan jejaring sosial facebook. Minimal ganti foto profil sebulan sekali dengan produk yang anda jajakan, lalu ganti foto cover dengan yang lebih fresh.

Pakai Kalimat Menarik

Anda harus mempelajari bahasa marketing yang efektif atau seperti sales letter pendek yang bisa mengunggah minat followers untuk membacanya. Jangan lupa pula sertakan bahasa ajakan atau dorongan secara halus untuk melihat produk produk yang anda jual.

Hindari Kampanye Negatif

Persaingan merupakan hal biasa, namun jangan sampai anda membuat kampanye negatif terhadap pesaing anda. Seperti menjelekkan produk pesaing. Karena dalam dunia bisnis online, semakin tertindas seseorang maka akan semakin banyak dukungan yang diperoleh. Sebaliknya, makin menindas maka akan semakin tidak disukai.

Bangun Komunikasi

Dalam jejaring sosial, umumnya ada fitur notifikasi seperti hari ulang tahun teman. Anda bisa membangun hubungan personal dengan followers serta pelanggan dengan mengucapkan selamat ulang tahun. Atau bila mereka adalah pelanggan setia, anda bisa memberikannya hadiah kecil. Jadi tidak ada salahnya karena ini membuat mereka akan semakin dekat dan anda seperti melakukan investasi di masa depan. Mereka akan selalu menjadi aset yang berharga untuk bisnis online anda.

Beri Respon Cepat

Salah satu strategi jualan online menggunakan sosial media yang sangat efektif adalah memberikan respon yang cepat. Ada banyak pelaku e-commerce yang menganggap jejaring sosial hanyalah tempat untuk promosi dan berbagi. Padahal melalui media ini perlu dibangun interaksi yang baik setiap hari. Pastikan anda bisa menjawab pertanyaan yang dikirimkan oleh followers dengan respon yang baik, terperinci dan jelas.

Source : Goodbizid.com