Berita

Sungai Banjarmasin Memerlukan Dermaga Apung Sepanjang 200 Meter

suasana-di-kawasan-siring-tendean-banjarmasin

Ikhsan Alhak yang merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan mengungkapkan rencana kota tersebut akan membangun dermaga apung yang berlokasi di sungai Martapura tahun 2017 sepanjang 200 meter.

“Pembangunan yang menganggarkan biaya sebesar 3.5 miliar dari APBD kota dan menggunakan kubus apung hdpe itu proses pembangunannya sudah memasuki tahap pelelangan proyek” ungkapnya di Banjarmasin (minggu 16/4).

Menurutnya pembangunan dermaga apung ini penting untuk diwujudkan karena jika tidak diwujudkan akan tidak baik karena tidak memenuhi standar keindahan pariwisata.

“Yang ada sekarang ini yang berada di depan siring tendean itu sifatnya hanya darurat saja karena berpondasi dari batang pohon saja, makanya akan kita buat dengan bahan yang lebih berkualitas” ungkap ikhsan.

Menurut ikhsan lagi, dermaga apung ini nantinya akan memiliki 2 fungsi yaitu untuk tempat persinggahan kapal kelotok (kapal kecil yang biasa digunakan di sungai) dan bisa juga digunakan untuk tempat pedagang pasar terapung.

“Sebab para pedagang pasar terapung yang berdagang setiap sabtu dan minggu yang berada disana memerlukan tempat tambat yang baik untuk melayani para pembeli yang juga para wisatawan” ungkapnya.

“Karena keberadaan pasar terapung merupakan daya tarik terbesar wisatawan yang berkunjung ke sungai siring ini” ungkapnya.

Dengan terselenggaranya pasar terapung di setiap akhir pekan ini, kunjungan wisatawan baik local maupun mancanegara naik secara signifikan, menurut catatan hingga 6000 orang datang berkunjung kesana.

Selain itu pula kata dia, para wisatawan yang berkujung kesini juga bisa menikmati susur sungai Martapura karena banyak jasa transportasi yang tersedia disana.

Ikhsan mengungkapkan, lewat susur sungai ini para wisatawan juga bisa mengunjungi obyek wisata lainnya seperti wisata religi diantaranya ke makam serta Masjid Sultan Suriansyah di Kuin.

“Ada juga wisata kuliner dengan mendatangi rumah makan khas banjar yang berada di tepi sungai Martapura yang bisa di kunjungi lewat wisata susur sungai ini” ungkapnya.

Sebab, ungkap dia, ada sebanyak 35 tempat tujuan wisata di Banjarmasin yang menjadi andalan, hampir semuanya bisa diakses melalui sungai.